Belajar di Rumah Pintar Pemilu KPU Propinsi Jawa Barat

340
Kunjungan Kerja KPU Kota Sawahlunto, Kesbangpol dan DPPKAD Kota Sawahlunto di RPP KPU Provinsi Jawa Barat

kpu.sawahlunto.go.id – KPU Kota Sawahlunto termasuk dalam salah satu kabupaten/kota yang menjadi sasaran pilot projec Rumah Pintar Pemilu dari KPU RI untuk tahun 2017. Demi maksimalnya persiapan pelaksanaan Rumah Pintar Pemilu ini, KPU Kota Sawahlunto beserta Pemerintah Kota Sawahlunto melakukan kunjungan ke Rumah Pintar Pemilu Provinsi Jawa Barat pada Kamis (15/12).

Tim Yang melakukan kunjungan kerja ini terdiri tim KPU Kota Sawahlunto yang diikuti oleh komisioner (Afdhal, SE, Indra Yosef Datmy, SH,Zawil Husaini, S.Ag,Akhaswita, SH danDesy Fardila, S.Pd.M.Pd) dan staf sekretariat (Puti Astri P, SE). Sementara utusan dari Pemerintah Kota Sawahlunto adalah tim dari DPPKAD (Buyung Lapau, S.Sos, M.Si dan Reno Islami, ST, M.Cio) dan Badan Kesbangpol (Hidayah Martha, SSTP, M.Si dan Andy Eka Putra, S.IP). Kegiatan ini difasilitasi oleh anggaran APBD Kota Sawahlunto.

Tim disambut hangat oleh KPU Provinsi Jawa Barat. KPU Provinsi Jawa Barat melalui Komisioner H. Endun Abdul Haq, M. Pd dan Ferdhiman P. Bariguna, AR, ST didampingi Kabag Hukum dan Tekmas (Drs. Tepi W Darmawan, SH), Kasubag Teknis (Dra. Elis Kartini, M.Si) Kasubag Hukum (Agus Ridwan, SH) dan Kasubag Umum (Anton Firmansyah, SE).

Secara panjang lebar diterangkan oleh Kabag Hukum dan Tekmas proses awal sampai terlaksananya Rumah Pintar KPU yang 80 % dananya berasal dari Hibah Pemerintah Provinsi Jawa Barat dikarenakan anggaran rutin untuk Rumah Pintar KPU ini hanya Rp. 20.000.000,- . Partisipasi aktif dari Pemerintah Daerah sangat diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi Pemilu termasuk Rumah Pintar KPU ini.

KPU Provinsi Jawa Barat juga menetapkan sasaran dari Rumah Pintar Pemilu ini, sehingga desainnya disesuaikan dengan sasaran pengunjung Rumah Pintar Pemilu tersebut. Adapun sasaran dari Rumah Pintar Pemilu Provinsi Jawa Barat ini adalah pemilih pemula dan pemilih perempuan. KPU Provinsi Jawa Barat juga mengadakan MOU dengan sekolah menengah sederajat. Saat mempelajari masalah Pemilu, sekolah-sekolah dapat melakukan kunjungan ke Rumah Pintar Pemilu selama jam pelajaran. Pihak dari KPU berusaha untuk memaksimalkan nilai guna dari Rumah Pintar Pemilu ini. (hum/kpuswl)

SHARE