PAW Anggota DPRD Kota Sawahlunto

202
Proses PAW DPRD Kota Sawahlunto pada aplikasi SIMPAW

kpu.sawahluntokota.go.id – Sehubungan dengan meninggalnya Anggota DPRD Kota Sawahlunto atas nama H. Emeldi, SE, MM dari Partai Persatuan Pembangunan Daerah Pemilihan Sawahlunto 1 (Satu), pada DPRD Kota Sawahlunto akan dilaksanakan proses pengganti antarwaktu (PAW). Anggota DPRD yang berhenti antarwaktu akan digantikan oleh calon anggota DPRD yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari Partai Politik yang sama pada daerah pemilihan yang sama.

Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan KPU Nomor 22 Tahun 2010 tentang Pedoman Teknis Verifikasi Syarat Calon Pengganti Antar Waktu Anggota Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Hasil Pemilihan Umum, KPU Kabupaten/Kota akan melakukan verifikasi dokumen calon pengganti antarwaktu anggota DPRD Kabupaten/Kota setelah menerima surat dari pimpinan DPRD Kabupaten/Kota. Adapun dokumen yang akan diverifikasi tersebut terdiri dari Daftar Calon Tetap (DCT), Perolehan suara sah (Model DB-1) dan peringkat perolehan suara (Lampiran I Model EB-1).

KPU Kota Sawahlunto sudah menerima surat pimpinan DPRD Kota Sawahlunto terkait proses PAW ini pada Jumat (2/12). Sesuai dengan pasal 29 ayat (2) Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2016, KPU Kabupaten/Kota menyampaikan nama calon pengganti antarwaktu yang memperoleh suara terbanyak berikutnya kepada Pimpinan DPRD Kabupaten/Kota paling lambat 5 (lima) hari kerja sejak diterimanya surat Pimpinan DPRD Kabupaten/Kota yang dibuktikan dengan tanda terima oleh KPU Kabupaten/Kota.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, KPU Kota Sawahlunto telah melakukan proses verifikasi administrasi terhadap pengganti antarwaktu Anggota DPRD Kota Sawahlunto tersebut. Dokumen PAW tersebut sudah disampaikan oleh KPU Kota Sawahlunto ke DPRD Kota Sawahlunto pada Selasa (6/12). (hum/kpuswl)

SHARE