Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik Dari KI Sumbar

168
Ketua KI Sumbar Memberikan Sosialisasi Informasi Publik di KPU Kota Sawahlunto

kpu.sawahluntokota.go.id – Dalam rangka mewujudkan amanat Pasal 3 huruf g Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, yaitu untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi, KPU Kota Sawahlunto meminta bantuan Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat untuk melakukan sosialisasi tentang keterbukaan informasi publik.

Permintaan KPU Kota Sawahlunto disambut baik oleh KI Sumbar. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat (09/12) pukul 10.00 WIB bertempat di ruang Rapat KPU Kota Sawahlunto. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh komisioner dan sekretariat KPU Kota Sawahlunto. Sosialisasi ini disampaikan oleh ketua KI, Bapak Syamsu Rizal. Beliau menyampaikan tentang keterbukaan publik ini sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008. Setiap badan publik wajib menyampaikan informasi publik yang dikuasaiinya sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

“Informasi publik ini terbagi dalam 4 bagian, yaitu informasi berkala, informasi serta merta, informasi setiap saat dan informasi dikecualikan”, ungkap Syamsu. Beliau juga menyampaikan KPU Kota Sawahlunto sudah harus memiliki struktur PPID, SOP dan Daftar Informasi Publik yang sudah ditetapkan melalui keputusan KPU Kota Sawahlunto. KI Sumbar bersedia melakukan supervisi terhadap perkembangan keterbukaan informasi publik yang dilaksanakan oleh PPID KPU Kota Sawahlunto. (hum/kpuswl)

SHARE